Kamis, 03 September 2009

Memanfaatkan TIK untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi (Bagian 1 dari 5 Tulisan)

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan semakin penting peranannya dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Meskipun biaya yang dibutuhkan untuk membangun Infrastruktur Nasional TIK besar, tetapi kerugian bila tidak melakukannya akan jauh lebih besar lagi.


Kita perlu menentukan prioritas penerapan TIK agar memberikan hasil yang maksimal. Kita juga perlu membangun kemampuan untuk mengadaptasi, memelihara, melakukan penyesuaian dan mengkonfigurasi ulang solusi TIK yang ada agar menjawab kebutuhan.





Problem terbesar di negara ini adalah masalah korupsi. Praktik korupsi di Indonesia terjadi di berbagai tingkatan, mulai dari urusan kecil yang menyangkut pelayanan masyarakat di tingkat kelurahan, hingga rekayasa penggunaan anggaran di lembaga-lembaga pemerintah. Korupsi terjadi karena ada niat dan ada kesempatan. Governance yang lemah membuka kesempatan korupsi. Itu sebabnya penerapan Good Governance menjadi sangat penting sebagai langkah pencegahan.Sistem Informasi dapat memainkan peranan yang besar di dalam mendukung good governance melalui transparansi dan partisipasi masyarakat.





Artikel ini terdiri 5 bagian yang akan kami posting setiap hari kerja satu bagian :
1. Area pemanfaatan TIK2. Membangun Kemampuan dan Infrastruktur3. Menjawab Isu Tata Kelola (Kebijakan)4. Memformulasikan Strategi TIK5. Memanfaatkan TIK untuk Pembangunan

2 komentar:

  1. Hei Bajingan! Anda memakai Nama dan Foto Saya. Saya Rapih Herdiansyah yang asli! Lihat saja dalam waktu dekat Anda bisa ditelusuri!

    BalasHapus
  2. Airin Rachmi Diany NGOTOT jadi Walikota Tangerang Selatan, Banten 2010.

    Airin Rachmi Diany Ngemut Kontol Benyamin Dafni jadi AIB TANGSEL 2010.

    Airin Rachmi Diany NGOTOT jadi Walikota
    Tangerang Selatan, Banten 2010.

    Airin Rachmi Diany Ngemut Kontol Benyamin Dafni jadi AIB TANGSEL 2010.

    Airin Rachmi Diany NGOTOT jadi Walikota Tangerang Selatan, Banten 2010.

    Airin Rachmi Diany Ngemut Kontol Benyamin Dafni jadi AIB TANGSEL 2010.

    BalasHapus